statement dasar qbasic

Macam-macam statement-statement dasar qbasic

Statement/pernyataan perintah pada Qbasic dipergunakan untuk mengirimkan data lewat keyboard ke komputer ke layar tampilan dan ke piranti lainnya. Contoh statement yang sudah kita pelajari pada pertemuan sebelumnya adalah statement PRINT, pada saat mau menampilkan text "Hello World",merupakan statemen output yang digunakan untuk mencetak output pada layar output.

1. Statement CLS

Fungsi dari statement CLS

Statement CLS merupakan statement yang paling sering digunakan dalam pembuatan program di Qbasic. Karena kegunaan Statement CLS ini digunakan untuk menghapus layar output yang sudah lama / output program sebelumnya agar output-output program tidak bertumpuk-tumpuk, Jadi Statement CLS kadang kala penggunaannya menjadi suatu keharusan. Seperti contoh program yang menampikan “HELLO WORLD!!!” pada pertemuan pada postingan sebelumnya. Dimana pada program sebelumnya kita tidak menambahkan statement CLS pada awal program. Jika program tersebut dijalankan lagi, maka akan muncul 2 output “HELLO WORLD!!!” untuk contohnya silahkan anda coba.

cara menggunakan statement CLS 

CLS

Print"helloword".

2. Statement REM

Fungsi dari Statement REM

Statement REM digunakan hanya untuk memberi tahu kepada pembaca tentang program yang kita buat. walaupun Statement REM ini tidak mempengaruhi sebuah program tapi walaoupun begitu Statement REM ini akan membantu memberi penjelasan tentang program yang kita buat kepada pemakai untukmemahami program.

Cara menggunakan Statement REM

REM program saya.
CLS
print"hello world".

3. Statement END

yang pasti end itu untuk mengakhiri program /  keluar dari program Q basiq

4. Statement PRINT

Fungsi dari Statement PRINT

Statement PRINT, digunakan untuk menampilkan data seperti pada program "hello world" yang telah saya bahas, pada layar tampilan/ layar output. Statement print ini sendiri memiliki 2 bentuk umum, yaitu : print "hello world"

4. Statement LET

Fungsi dari Statement LET

Statement LET, merupakan salah satu statement input-output yang digunakan untuk memasukkan sebuah nilai atau harga ke dalam suatu variable. Harga suatu variable itu dapat berubah-ubah.

5. Statement INPUT

Fungsi dari Statement INPUT

Statement INPUT merupakan statement yang datanya bisa berubah sesuai kehendak pegguna pada saat program sedang berjalan dan nilainya pun dapat berubah-ubah sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan statemen INPUT program dapat membaca data tipe numeris, dan atau string.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

statement kondisi pada qbasic

jenis jenis array pada qbasic